Profil

bismillah

PONDOK PESANTREN AL MANSHUROH

Desa Brobot RT 04 RW 02 Kec. Bojongsari

Kabupaten Purbalingga 53361 Telp. 085600816711

Dibawah naungan :

YAYASAN DA’WAH AL-GHUROBA PURBALINGGA

KEPUTUSAN MENTERI HUKUM DAN HAM ASASI MANUSIA

REPUBLIK INDONESIA

NOMOR : C-1656.HT.01.02 TH 2005

MUQODIMAH        

Segala puji hanyalah milik Allah Subhanahu wata’ala, Rabb manusia dan seluruh alam semesta yang tidak ada yang berhak disembah dan diibadahi kecuali Dia. Shalawat dan salam untuk Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluarga, sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman. Amma ba’du.

Berikut ini, kami paparkan profil singkat dari Pondok Pesantren Al Manshuroh Desa Brobot RT 04 RW 02 Kec. Bojongsari Kab. Purbalingga. Hal ini merupakan langkah yang ditempuh untuk membuka diri kepada masyarakat agar masyarakat lebih mengenal tentang pondok pesantren Al Manshuroh. Hanya kepada Allah-lah kami memohon pertolongan, dan semoga apa yang kami lakukan mendapat ridho-Nya. Amin

SEJARAH SINGKAT

Agama adalah pedoman hidup. Melaluinya seseorang mengetahui untuk apa ia diciptakan, apa yang harus ia perbuat, apa yang mendatangkan manfa’at atau mudharat bagi dunia dan akhiratnya, apa saja yang harus diprioritaskan, serta kepada siapa ia harus memberikan loyalitas dan terhadap siapa ia harus berlepas diri.

Atas dasar di atas maka pada pertengahan tahun 2003 kami Yayasan Al Ghuroba merintis sebuah Ta’lim rutin di Masjid Agung Daarussalaam setiap hari Ahad pukul 13.00 – Ashar.

Dalam perkembangannya selanjutnya kami, Yayasan Al Ghuroba mendapat kesempatan untuk mengisi ta’lim rutin masjid Agung Darussalaam setiap hari Jum’at  ba’da  maghrib sampai Isya. Dari sinilah dakwah Ahlus sunnah mulai dikenal oleh masyarakat.

Kemudian untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang telah dijalankan maka pada akhir tahun 2005 tepatnya 12 Desember 2005 dengan bantuan berupa tanah jariyyah 22 ubin untuk Masjid dan pinjaman sebuah rumah dari beberapa  muhsinin yang bertempat di desa Kembaran Kulon RT 06/01 Kec/Kab Purbalingga  Yayasan Al Ghuroba merintis sebuah Ma’had (Pondok Pesantren) Al Manshuroh.

Dengan meningkatnya peserta didik dan terbatasnya tempat pendidikan maka pada pertengahan Agustus 2006, Pondok Pesantren Al Manshuroh pindah ke desa Brobot RT 04 RW 02 Kec. Bojongsari Kab Purbalingga. Pada pertengahan tahun 2008 Yayasan menerima tanah jariyah seluas 282 ubin dari beberapa muhsinin untuk pengembangan Pondok Pesantren Al Manshuroh Selanjutnya awal tahun 2009 Yayasan menerima tanah jariyah seluas 117 ubin untuk pengembangan Pondok Pesantren Al Manshuroh.

 

LATAR BELAKANG

1.      Keinginan untuk membekali diri dengan ilmu islam untuk mengangkat kebodohan yang ada pada diri sendiri dan juga orang lain.

2.      Prihatin dengan makin jauhnya manusia dari ilmu islam, dan dari para ulama mereka.

 

VISI DAN MISI

1. Visi Pondok Pesantren Al Manshuroh :

Menjadi lembaga pendidikan yang menjalankan fungsi tashfiyah (pemurnian aqidah) dan tarbiyah (pendidikan) untuk mewujudkan generasi hafidhul Qur an dengan aqidah yang shohihah, ilmu yang amaliyah dan berakhalul karimah.

2. Misi Pondok Pesantren Al Manshuroh :

– Mendidik anak untuk menghargai ilmu, Mampu mengamalkan Hukum dan Perintah Allah Subhaanahu wa ta’alaa , Belajar dalam situasi apapun, Mengenal dan ramah terhadap lingkungan dengan mengadakan pendidikan berjenjang dari setingkat TK, Marhalah Tahfidh Al Qur an (setingkat SD, marhalah Mutawasith, marhalah muallimin)

– Mendidik orang tua untuk menjadi guru bagi anak-anaknya sendiri, Terlibat penuh di dalam persoalan pendidikan melalui pertemuan dan ta’lim rutin wali santri setiap ahad kelima.

– Mendidik Masyarakat untuk menghilangkan sekat yang memisahkan antara sekolah dengan rumah,  Menyadari dan menghargai lingkungannya sebagai media belajar melalui kajian-kajin rutin yang bersifat umum dan Tabligh Akbar dan Radio Al Manshuroh.

 

PROGRAM KEGIATAN

  1. Pondok Pesantren  yang meliputi :
    1. Tarbiyyah Al Athfal (setingkat TK) jenjang pendidikan 2 tahun.
    2. Tahfdidh Al Qur an (setingkat SD) jenjang pendidikan 6 tahun.
    3.  I’dad Mutawasith (pra SMP) jenjang pendidikan 2 tahun
    4. Mutawasith (setingkat SMP) jenjang pendidikan 3 tahun.
    5. Muallimin (pengkaderan pengajar) jenjang 4 tahun
  2. Radio Al Manshuroh
  3. Kajian / Ta’lim  yang bersifat Umum bagi masyarakat
    1. Tabligh Akbar
    2. Ta’lim rutin
  4. Kegiatan sosial seperti donor darah, khitan masal.

 

PENUTUP

Demikian sekelumit gambaran tentang Pondok Pesantren Al Manshuroh Purbalingga. Bagi anda para muhsinin yang berniat untuk berinfaq atau memberi donasi untuk kepentingan pembangunan atau pengembangan atau operasional Pondok Pesantren Al Manshuroh dapat disalurkan melalui :

  1. Rekening BRI Cab Purbalingga no. 0074-01-029925-50-7  a/n: Yayasan Al Ghuroba
  2. Diserahkan secara langsung kepada Pengurus Pondok Pesantren, di alamat: Desa Brobot RT 04 RW 02 Bojongsari Purbalingga 53362 Jawa Tengah

Bantuan bisa berupa apapun. Teriring harapan, semoga Allah ta’ala berkenan menjadikannya sebagai amal jariyah kita semua dan menjadi sarana guna mewujudkan  “Mewujudkan generasi yang unggul dalam agama dan berakhlak mulia”.